Manfaat Air Kelapa

Submitted by admin on Thu, 07/13/2017 - 06:07
air kelapa

Air kelapa dipercaya sebagai tambang emas gizi di dunia. Di Brazil, air kelapa sudah dijual dan penjulannya mencapai lebih dari US$ 300 juta per tahun. Di Inggris dan Amerika Serikat, air kelapa juga sudah dikomersialkan oleh perusahaan yang memproduksi Coca-Cola, PepsiCo dan penyanyi Madonna, dengan merek Vita Coco, yang menghasilkan paling tidak US$ 1,5 juta per tahun.

Organisasi Pangan dan Pertanian PBB mengatakan, air kelapa adalah minuman yang penuh elektrolit alami. Di dalamnya ada beberapa komponen mineral yang gizinya sangat luar biasa. Bahkan air kelapa disebut-sebut sebagai minuman isotonik terbaik di dunia.

Berikut kelebihan air kelapa:

 

1. Minuman kesehatan

Ini adalah jenis minuman kesehatan yang rendah lemak, tanpa aditif buatan, atau pemanis, bebas kolesterol, 99 persen bebas lemak, rendah karbohidrat, dan rendah gula.

 

2. Minuman isotonik terbaik

Air kelapa adalah minuman isotonik alami yang mengandung elektrolit kalsium, magnesium, fosfor, natrium dan kalium. Minuman ini bisa digunakan untuk rehidrasi seluruh tubuh setelah olahraga.

 

3. Memperlambat penuaan

Merupakan sumber alami sitokinin, hormon pertumbuhan yang membantu pertumbuhan sel, perkembangan sel, dan mencegah penuaan. Air kelapa juga kaya potasium, antioksidan, asam laurat, dan sitokinin, bisa menyeimbangkan kadar pH, memperkuat jaringan ikat dan mengurangi risiko penyakit yang berkaitan dengan usia.

 

4. Sama baiknya dengan transfusi darah

Profil kimia air kelapa sangat mirip dengan plasma darah, yang telah digunakan untuk menyelamatkan nyawa di negara-negara berkembang dan perang dunia II. Para tentara yang terluka diberi pertolongan pertama berupa air kelapa untuk mencegah dehidrasi.

 

5. Mengatur tekanan darah, gula darah dan kolesterol

Penelitian menunjukkan, air kelapa dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Demikian kata Dr Bruce Fife, Direktur Coconut Research Center and author of Coconut Water for Health And Healing (Perfect Paperback). Air kelapa mampu meningkatkan HDL (kolesterol baik), mengurangi pembentukan plak, dan pmeningkatkan sensitivitas insulin. "Orang yang menghadapi risiko tekanan darah tinggi dan stroke membutuhkan lebih banyak kalium dan natrium, yang ada dalam air kelapa," kata Ferraretto.

 

6. Baik untuk pencernaan dan kesehatan kemih

Air kelapa adalah obat gangguan pencernaan dan saluran kemih, yang mampu mengurangi gangguan diare, disentri, gangguan pencernaan, sembelit, cacingan, infeksi kandung kemih, dan kerusakan ginjal. Air kelapa adalah diuretik alami dan mampu mencegah infeksi saluran kemih (ISK) dan batu ginjal. Penelitian di Filipina menemukan, minum air kelapa hingga tiga kali seminggu dapat mengurangi ukuran batu ginjal yang mungkin ada di dalam tubuh.

 

Sumber: http://www.beritasatu.com/kuliner/255871-air-kelapa-minuman-isotonik-terbaik-di-dunia.html