Obat alami batuk berdahak

Submitted by admin on Wed, 07/19/2017 - 02:08
batuk berdahak

Meskipun batuk berdahak tergolong penyakit ringan, penyakit ini dapat mengganggu aktifitas Anda sehari-hari jika terus dibiarkan. Batuk berdahak khususnya terjadi karena adanya tetesan pada bagian belakang hidung.

Batuk berdahak juga dapat disebabkan karena adanya peradangan selaput lendir dalam saluran pernafasan. Pada gejala batuk berdahak akut dapat pula disebabkan karena bakteri atau virus influenza, campak, atau tubercolosa. Sebagai alternatif mengatasinya selain menggunakan obat kimia, Anda juga dapat menggunakan obat batuk berdahak tradisional.

 

Jahe, kunyi, jeruk nipis, dan madu

Berbeda jenis batuk tentu berbeda pula obatnya. Hal ini juga berlaku pada pengobatan secara tradisional. Khusus untuk obat batuk berdahak, Anda dapat mencoba alternatif penyembuhan dengan ramuan air jahe 2 sdm, air sari kunyit 2 sdm, perasan sari satu buah jeruk nipis, dan juga madu sdm.

Cara membuatnya cukup simple, untuk menghasilkan air jahe atau kunyit caranya parut jahe atau kunyit campur sedikit air kemudian peras. Belah dua jeruk nipis kemudian peras, campurkan semua bahan lalu minumlah ramuan tersebut 2x sehari hingga batuk Anda mereda.

 

Jahe dan kencur

Memanfaatkan khasiat dari kencur dan juga jahe dapat menghasilkan bahan obat yang sangat efektif menyembuhkan batuk berdahak.

Caranya, siapkan beberapa ruas jahe dan juga kencur. Parut jahe sehingga halus kemudian campur parutan jahe dengan kencur, rebus dengan segelas air. Tunggu hingga mendidih, setelah itu minumlah ramuan tersebut pada saat masih hangat. Konsumsi ramuan tersebut secara rutin untuk menyembuhkan batuk berdahak Anda.

 

Daun sirih dan Jahe

Rebusan daun sirih dan jahe juga disebut sebagai salah satu alternatif obat batuk berdahak tradisional yang ampuh. Ramuan ini dapat mengusir batuk berdahak yang Anda derita jika mengkonsumsinya secara rutin. Anda dapat membuat ramuan ini dengan mudah dirumah, caranya siapkan sekitar 7 lembar daun sirih dan juga beberapa ruas jahe.

Bersihkan jahe kemudian rebus bersama daun sirih dalam 2 gelas air. Biarkan mendidih dan tunggu hingga hanya tersisa satu gelas. Minumlah air rebusan tersebut setidaknya sekali dalam sehari agar batuk yang Anda derita cepat menghilang. Mengkonsumsi jahe hangat selama Anda menderita batuk berdahak juga dipercaya dapat melegakan tenggorokan Anda.

 

Jeruk nipis dan kecap

Obat batuk berdahak tradisional yang paling banyak digunakan oleh masyarakat luas adalah perpaduan antara jeruk nipis dan juga kecap. Perpaduan bahan ini dianggap paling mujarab mengatasi batuk berdahak. Anda cukup meminum perasan air jeruk nipis yang kemudian dicampur dengan kecap sebanyak 2 hingga 3 kali sehari. Ada sebagian orang yang menggunakan garam sebagai pengganti kecap, keduanya sama-sama efektif. Sebenarnya yang memiliki khasiat penyembuhannya adalah jeruk nipis sedangkan kecap atau garam hanya sebagai penetralisir rasa asamnya yang kuat.

Selain mudah, cara ini juga sangat cepat meredakan batuk berdahak Anda. Zat yang terkandung dalam jeruk nipis dapat melegakan dan juga membersihkan tenggorokan dari dahak. Jika Anda tidak menyukai kecap dapat menggantinya dengan madu murni.

 

Belimbing wuluh

Tidak berbeda jauh dengan jeruk nipis, belimbing wuluh atau belimbing sayur juga memiliki kemampuan obat untuk batuk berdahak. Caranya adalah dengan mengkonsumsi dalam keadaan segar. Tetapi cara ini tidak disarankan bagi anda yang memiliki masalah lambung.

 

Daun mint

Daun mint yang memiliki efek dingin dan menyegarkan ternyata juga bisa mengobati batuk berdahak dengan jalan melancarkan jalan nafas sehingga mukus lebih mudah untuk dikeluarkan.

 

Jangan lupa untuk banyak-banyak minum air putih hangat. Selamat mencoba!